Sabtu, 03 April 2010

PROGRAM UN/US SMPN 3 SUKATANI TH.PELAJARAN 2009/2010

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Sesuai dengan tujuan pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam UU no. 20 tahun 2003 tentang system pendidikan nasional, yaitu mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab.
Pelaksanaan Ujian Nasional / Ujian Sekolah merupakan bagian dari keberhasilan pencapaian target kurikulum serta merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan, karena mencerminkan perkembangan atau kemajuan mutu pendidikan pada suatu sekolah dari waktu ke waktu.
Oleh karena itu, Ujian Nasional/Ujian Sekolah merupakan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik, mengukur mutu pendidikan ditingkat sekolah dan mempertanggungjawabkan penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat.

Revisi Prog Kurikulum SMPN 3 2009/2010

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke khadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kami telah menyelesaikan penyusunan Program PKS Kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani Tahum pelajaran 2009-2010. Upaya ini Kami lakukan untuk membantu Kepala sekolah dalam mengelola dan melaksanakan kurikulum di SMP Negeri 3 Sukatani sebagai pedoman untuk kegiatan-kegiatan kurikulum di SMP Negeri 3 Sukatani.

Kurikulum SMPN 3 SKTN (KTSP SMPN 3)

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pedidikan nasional serta kesesuaian dengan kekhasan, kondisi dan potensi daerah, satuan pendidikan untuk memungkinkan penyesuaian program pendidikan dengan kebutuhan dan potensi yang ada di daerah.
Kurikulum di Indonesia telah mengalami pergantian beberapa kali, di antaranya kurikulum 1975, kurikulum 1984, kurikulum 1999, kurikulum 2004, dan kurikulum 2006 atau disebut Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan KTSP ini merupakan implementasi dari KBK. Semuanya itu dimaksudkan untuk menyempurnakan program-program pendidikan yang disesuaikan dengan perkembangan zaman.
SMP Negeri 3 Sukatani adalah satu SMP yang berada di lingkungan Kecamatan Sukatani kabupaten Purwakarta, telah menyusun KTSP yang mengacu pada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan yang dikeluarkan dari BNSP. KTSP ini dilaksanakan pada tahun pelajaran 2008 /2009 di kelas VII, VIII dan IX dengan ciri khas daerah pertanian yang bermuatan lokal Baca Tulis AlQuran dan Pendidikan Lingkungan Hidup.

Jumat, 02 April 2010

PROFIL SMP NEGERI 3 SUKATANI


PROFIL SMP NEGERI 3 SUKATANI
SMP Negeri 3 Sukatani berdiri pada tahun 2000/2001 yang merupakan kelas jauh dari SMP Negeri 1 Sukatani. Pada tahun pelajaran 2003/2004 SMP Negeri 3 Sukatani terpisah dari SMP Negeri 1 Sukatani dengan Surat Keputusan Bupati Purwakarta No. 425. 11/Kep. 197 – Disdik/2004 tanggal 18 Pebruari 2004.
Walaupun usianya masih sangat muda, namun SMP Negeri 3 Sukatani memiliki tekad untuk mampu mempersiapkan sumber daya manusia yang mampu mengembangkan diri serta mengimbangi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Untuk dapat mewujudkan tekad tersebut, maka SMP Negeri 3 Sukatani secara terus-menerus berusaha membenahi berbagai program dan sektor penunjang pendidikan.

GURU PIKET SMP NEGERI 3 SUKATANI

GURU PIKET SMP NEGERI 3 SUKATANI
1. Hadir di sekolah pukul 06.40 s.d. 13.00 WIB (shift pagi)
Hadir di sekolah pukul 12.00 s.d. 17.00 WIB (shift siang)
2. Membunyikan bel masuk dan keluar / pergantian jam pelajaran di kelas;
3. Mengisi laporan guru piket / administrasi yang diperlukan;
4. Memeriksa dan mencatat ketidak hadiran guru yang seharusnya mengajar dan TU;
5. Mencatat atau mengisi laporan mengenai tugas-tugas dari guru yang tidak hadir, untuk dilanjutkan oleh guru piket yang bertugas keesokan harinya, bila guru tersebut tidak hadir lebih dari satu hari;

TUPOKSI WALI KELAS SMP NEGERI 3 SUKATANI

TUPOKSI WALI KELAS
WALI KELAS SMP NEGERI 3 SUKATANI
1. Wali Kelas membuat perangkat administrasi kelas, berupa :
a. Membuat struktur organisasi kelas;
b. Menyusun motto di kelasnya mengacu pada visi,misi, tujuan dan strategi sekolah;
c. Memilih dan menetapkan perwakilan kelas dalam MPK;
d. Membuat daftar piket siswa ;
e. Membuat daftar pelajaran kelas;
f. Membuat denah tempat duduk siswa;
g. Membuat papan absensi kelas;
h. Mengisi buku absensi siswa;
i. Mengisi agenda kelas siswa;
j. Mengisi buku legger;
k. Mengisi buku laporan pendidikan ( Rapor);
l. Membuat statistik bulanan siswa;
m. Membuat dan mengisi buku kasus siswa / anekdot record.
n. Membuat Tata Tertib Kelas;
o. Membuat inventaris sarana kelas;
p. Membuat surat panggilan orang tua / pengunduran diri siswa jika diperlukan.
q. Membuat buku catatan kunjungan orang tua siswa, mengisi catatan pribadi siswa , dsb ;

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR GURU SMP NEGERI 3 SUKATANI

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR
GURU SMP NEGERI 3 SUKATANI
 PERSIAPAN
A. Sebelum melaksanakan KBM guru harus membuat perangkat:
1. Analisis Materi Pelajaran (AMP)
2. Program Tahunan (Prota)
3. Program Semester (Promes)
4. Silabus
5. Satuan Pembelajaran (Satpel) /Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
6. Menyusun Rencana Perbaikan dan Pengayaan .
7. Mempersiapkan alat peraga / sarana yang diperlukan selama PBM.
8. Semua perangkat tersebut di atas diserahkan kepada Kepala Sekolah.

Program Keagamaan SMPN 3 Sukatani

Program Keagamaan
SMP Negeri 3 sukatani menyelenggarakan program pengembangan tambahan dalam kegiatan keagamaan dengan tujuan meningkatkan kualitas pemahaman dan pengamalan agama, dapat menjalani kehidupannya sehari-hari sebagai siswa secara efektif, kreatif, dan dinamis, serta memiliki kecakapan hidup untuk masa depan karir dalam: Beriman dan bertakwa terhadap Tuhan YME, Perwujudan diri kearah dimensi spiritual, Pengambilan keputusan berdasarkan IQ, EQ, dan SQ, dan Pengaktualisasian diri secara optimal.
Kegiatan
Adapun kegiatan program tersebut adalah:
• Shalat Duha
• Shalat Dzuhur berjamaah
• Membaca Al-Qur'an (dengan pendekatan tutorial system)
• Pengajian terjemah Al-Qur'an (dengan pendekatan lecturing dan question-answer system)
• Siraman rohani (dengan pendekatan problem based learning dan lecturing)
• Bagi non-muslim membahas kitab sucinya (dengan pendekatan peer tutorial system)
Pelaksanaan dan Penilaian Kegiatan Keagamaan
• Kegiatan pengembangan keagamaan dapat dilaksanakan secara rutin, spontan dan terprogram. Rutin dan spontan dapat dilakukan oleh warga sekolah, sedangkan terprogram dilaksanakan melalui perencanaan oleh guru BK/guru mata pelajaran maupun tenaga pendidik lainnya sesuai dengan program yang akan dilaksanakan.
• Penilaian dapat dilakukan dengan mengamati/observasi terhadap perilaku siswa sehari-hari dan pada waktu melaksanakan kegiatan.

Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran

Memahami Kegiatan Remedial dan Pengayaan untuk Perbaikan Pembelajaran Kegiatan remedial adalah kegiatan yang ditujukan untuk membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam menguasai materi pelajaran. Sesuai dengan pengertiannya, tujuan kegiatan remedial ialah membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan dalam kurikulum yang berlaku.
Dalam kaitannya dengan proses pembelajaran, fungsi kegiatan remedial adalah:
1. memperbaiki cara belajar siswa dan cara mengajar guru (fungsi korektif);
2. meningkatkan pemahaman guru dan siswa terhadap kelebihan dan kekurangan dirinya (fungsi pemahaman);
3. menyesuaikan pembelajaran dengan karakteristik siswa (fungsi penyesuaian);
4. mempercepat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran (fungsi akselerasi); dan
5. membantu mengatasi kesulitan siswa dalam aspek sosial-pribadi (fungsi terapeutik).

PMR SMPN 3 Sukatani Purwakarta


KATA PENGANTAR

Kami panjatkan puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan program kerja PMR (Palang Merah Remaja) di SMPN 3 Sukatani.
Program ini memuat program kegiatan kerja PMR (Palang Merah Remaja) di SMPN 3 Sukatani, tujuannya antara lain sebagai acuan dan pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
Tentu saja kami rasakan bahwa pembuatannya sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik serta saran yang membangun dari para pemerhati pendidikan khususnya dalam kegiatan ekstrakurikuler PMR sangat kami harapkan untuk perbaikan maupun penambahan demi kemajuan kami dimasa yang akan datang.
Sukatani, Januari 2009
Penyusun