Senin, 24 Februari 2014

LEMBAR KERJA IPA KELAS VIII

Lembar Kerja IPA Siswa SMP Kelas 8


-->
LEMBAR KERJA UJIAN PRAKTEK IPA KELAS VIII

Mata Pelajaran            :  IPA

Waktu                         :   60 menit

Sekolah                       :   SMPN 3 Sukatani

Tahun Pelajaran             :  2010 / 2011

MATERI                       :  GETARAN DAN GELOMBANG


KISI-KISI UJIAN PRAKTIK

SKL
Kelas/ Smt
INDIKATOR
MATERI
Memahami konsep-konsep dan penerapan getaran, gelombang, bunyi, dan optik dalam produk teknologi sehari-hari
 8 / 2
Menentukan salah satu besaran fisika pada getaran dan gelombang
- Getaran : gerak bolak-balik
   disekitar titik
   kesetimbangannya
- Frekuensi : banyaknya getaran
  dalam waktu satu detik
- Periode : waktu yang
  diperlukan untuk satu getaran.


LEMBAR KERJA SISWA


1.Standar Kompetensi  : 6. Memahami konsep dan penerapan getaran, gelombang dan
                                      optika dalam produk teknologi sehari-hari.

2. Kompetensi Dasar    : 6.1. Mendeskripsikan konsep getaran dan gelombang serta
                                               parameter-parameternya.
3.Tujuan                        : Mempelajari konsep periode dan frekuensi

4.Alat dan Bahan  : Beban (Batu ), paku, stop watch dan benang 50 cm


5.Prosedur Kerja   :
-          Buatlah sebuah bandul dengan menggunakan beban ( batu ), paku dan benang
-          Beban ( batu ) yang digantung diberi simpangan sejauh 6 cm dari kesetimbangannya
-          Lepaskan beban ( batu ), sehingga membuat getaran. Catatlah waktu yang diperlukan  untuk membuat 5, 10, 15, 20, dan 25 getaran.
-          Catat hasil pengamatanmu !
-          Dari data yang telah diperoleh, hitunglah periode dan frekuensinya
TABEL PENGAMATAN

No Percobaan
Jumlah Getaran
Waktu (Sekon)
Periode ( T )
Frekuensi ( f )
1
5



2
10



3
15



4
20



5
25




Pertanyaan  :
  1. Buatlah grafik hubungan antara frekuensi dan periode yang diperoleh dari percobaan tersebut !
  2. Buatlah kesimpulan “ Hubungan antara Periode dan Frekuensi”
( Berbanding lurus / Berbanding terbalik )
  1. Apakah getaran itu ?
  2. Tuliskan contoh-contoh getaran dalam kehidupan sehari-hari
  3. Apa yang dimaksud dengan :
    1. Amplitudo ?
    2. Periode ?
    3. Frekuensi ?

Jawab :




                                                                           Sukatani, .....................  2011
                                                                            Praktikan / Peserta Ujian




                                                                                -------------------------------



Kegiatan Pemenuhan Block Grant SMP Potensial Menuju SSN 2013-2014

Dalam rangka pembaharuan sistem pendidikan nasional telah ditetapkan visi, misi dan strategi pembangunan pendidikan  Nasional. Visi pendidikan  Nasional adalah terwujud­nya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas se­hingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.
            Sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, maka pemerintah memberikan stimulan kepada SMPN 3 Sukatani melalui dana Block Grant SMP Potensial menuju SSN Tahun Pelajaran 2013-2014, yaitu dalam lima standar Nasional Pendidikan, yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kelulusan, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan dan StandarPenilaian.











Program Bimbingan Belajar Kls IX Tahun Ajaran 2013-2014

KATA PENGANTAR

 Kami panjatkan puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal  Bimbingan Belajar di SMPN 3 Sukatani  Tahun Pelajaran 2013/2014.
Proposal ini memuat deskripsi kegiatan proposal  Bimbingan Belajar Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 3 Sukatani Purwakarta, tujuannya antara lain sebagai acuan dan pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
Tentu saja kami rasakan bahwa pembuatannya sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik serta saran yang membangun dari para pemerhati pendidikan sangat kami harapkan untuk perbaikan maupun penambahan demi kemajuan kami dimasa yang akan datang.
Tidak lupa pula kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak/ibu pengawas yang telah membimbing kami dalam penyusunan proposal  ini, dan berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Semoga Allah SWT dapat membalas segala kebaikan yang telah diperbuat oleh kita semua. Amin.
  
 Purwakarta,    Januari 2014
       Penyusun