Sabtu, 03 April 2010

Revisi Prog Kurikulum SMPN 3 2009/2010

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kami panjatkan ke khadirat Allah SWT, karena atas limpahan rahmat dan karunia-Nya kami telah menyelesaikan penyusunan Program PKS Kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani Tahum pelajaran 2009-2010. Upaya ini Kami lakukan untuk membantu Kepala sekolah dalam mengelola dan melaksanakan kurikulum di SMP Negeri 3 Sukatani sebagai pedoman untuk kegiatan-kegiatan kurikulum di SMP Negeri 3 Sukatani.


Penyusunan Program PKS Kurikulum ini merupakan implementasi dari Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang dijabarkan ke dalam sejumlah peraturan antara lain Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang standar Nasional Pendidikan. Peraturan Pemerintah ini memberikan arahan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan delapan standar Nasional pendidikan, yaitu : meliputi standar isi, standar proses, standar Kompetensi Lulusan, Standar Pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan dan standar penilaian pendidikan.
Dalam penyusunan Program PKS Kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani tahun pelajaran 2009-2010 ini, penyusun menyadari mungkin masih belum dapat dikatakan sempurna, hal ini dikarenakan penyusunan kekurangan bahan dan informasi. Tetapi walaupun demikian penyusun sudah berupaya semaksimal mungkin untuk dapat memenuhi kriteria yang telah ditentukan. Maka untuk itu kami mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun untuk penyempurnaan penyusunan program PKS Kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani ini.
Akhir kata, kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, baik yang terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan program PKS Kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani ini. Semoga Allah SWT tetap memberikan petunjuk dan kemudahan kepada kita dalam upaya yang telah, sedang dan yang akan kita lakukan untuk peningkatan mutu pendidikan di Indonesia.

Purwakarta, Juli 2009
Kepala Sekolah SMPN 3 Sukatani




IWAN HIDAYAT ANGGA, S.Pd
NIP. 19680108 199003 1 003



BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Sejak berlakunya Undang Undang RI No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional, maka semua upaya pendidikan perlu disesuaikan dengan undang-undang tersebut. Hal ini termasuk pelaksanaan kegiatan pendidikan di sekolah yang dilaksanakan melalui proses belajar mengajar harus berpedoman pada kebijakan pelaksanaan kurikulum yang berlaku, sebagai penjabaran dari undang-undang tersebut diatas.
Sebagaimana dalam Undang Undang tersebut di atas, dijelaskan bahwa :
 Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenal isi dan bahan pelajaran, serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar (Pasal 1 butir 9 UU RI No.2 tahun 1989)
 Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional dengan memperhatikan tahap perkembangan peserta didik dan kesesuaiannya dengan lingkungan, kebutuhan pembangunan nasional, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesenian, sesuai dengan jenis dan jenjang masing-masing satuan pendidikan (Pasal 33 UU RI No.2 tahun 1989)
 Pelaksanaan pendidikan didasarkan atas kurikulum yang berlaku secara nasional dan kurikulum yang disesuaikan dengan keadaan, serta kebutuhan lingkungan dan cirri khas satuan pendidikan yang bersangkutan (Pasal 38 UU RI No.2 tahun 1989)
Pasal- pasal di atas membawa implikasi bahwa kurikulum dalam pendidikan dan pengajaran mempunyai kedudukan yang sangat penting dan berfungsi sebagai pedoman untuk mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan.
Mengacu pada pengertian di atas, maka kurikulum yang dipergunakan di sekolah adalah kurikulum yang dimaksud sebagai suatu rangkaian program pendidikan yang direncanakan dan dilaksanakan untul mencapai sejumlah tujuam pendidikan tertentu. Atau dalam arti lain bagaimana cara merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan dan mengendalikan mengenai proses kegiatan pendidikan di sekolah secara tertib, teratur dan terarah.
Dengan memperhatikan uraian di atas, maka urusan kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani sebagai salah satu komponen yang bertugas membantu kepala sekolah dalam mengelola dan melaksanakan kurikulum di SMP Negeri 3 Sukatani yang berdasarkan pada petunjuk dari Kanwil Departemen pendidikan Nasional Propinsi Jawa barat, berupaya menyusun program kerja kurikulum sebagai pedoman untuk kegiatan-kegiatan kurikulum di SMP negeri 3 sukatani.

B. Tujuan
1. Dari sudut manjemen program kerja kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan semua unsur yang terlibat dalam proses belajar mengajar di SMP Negeri 3 sukatani dalam hal merencanakan, mengkoordinasikan, melaksanakan dan mengendalikan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.
2. Dari sudut Paedagogik program kerja kurikulum ini bnertujuan untuk meningkatkan mutu proses belajar menmgajar itu sendiri melalui peningkatan disiplin yang tinggi sehingga dapat meningkatkan mutu lulusan dai SMP Negeri 3 Sukatani.
3. Dari sudut pelaksanaan kebijakan Departemen pendidikan Nasional, program kerja kurikulum ini bertujuan untuk ikut serta dalam melaksanakan wajib belajar Pendidikan dasae 9 tahun.

C. Dasar
Sebagai dasar dalam menyusun program kerja kurikulum di SMP Negeri 3 Sukatani tahun pelajaran 2009/201
0 adalah sebagai berikut :
1. Undang Undang No 2 tahun 1989 tentang Sistem pendidikan Nasional
2. Keputusan Menpen No.84/Menpen/1989 tenteng angka kredit bagi jabatan guru di lingkungan Depdiknas
3. Keputusan bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan dengan BAKN No.0433/P/1993 dan No. 24 tahun 1993, tentang petunjuk pelaksanaan Jabatan guru dan Angka Kredit
4. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 0487/U/1992 tentang Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama
5. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 060/U/1992 tentang Kurikulum Pendidikan dasar
6. Buku petunjuk Administrasi Sekolah lanjutan Tingkat Pertama (Dirjen Diknas)
7. Buku petunjuk Pengelolaan Kurikulum SMP (Dirjen Diknas)

D. Visi , Misi dan Strategi SMPN 3 Sukatani
1. Visi
“Menciptakan peserta didik berprestasi, Kreatif, inovatif yang berakhlak mulia dan berwawasan lingkungan pada tahun 2013”
2. Misi

a. Mendidik dan membina siswa sesuai dengan tuntutan masyarakat dan perkembangan IPTEK dan IMTAQ
b. Meningkatkan sarana prasarana penunjang pembelajaran
c. Meningkatkan ekstrakurikuler sesuai dengan potensi yang dimiliki anak didik dan personil
d. Meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik dan tenaga kependidikan
e. Meningkatkan lingkungan sekolah yang kondusif untuk pelaksanaan kegiatan belajar mengajar serta mendukung kepada sekolah berwawasan lingkungan



3. Strategi
• Melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bernuansa islami seperti kuliah jum’at dan memperingati hari-hari besar
• Perilaku guru dalam segala kegiatan tetap tidak lepas dari koridor mendidik penuh dengan keteladanan dan profesional
• Menumbuhkembangkan sikap percaya diri, sikap patriotisme dan menghargai diri sendiri dan orang lain
• Meningkatkan kreatifitas dan aktifitas dalam setiap kegiatan baik kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler
• Guru selalu mengikuti perubahan-perubahan khususnya dalam dunia pendidikan melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia.





























BAB II
PROGRAM KERJA KURIKULUM

A. Langkah Kerja Urusan Kurikulum
Untuk mencapai daya serap minimal, urusan kurikulm SMP Negeri 3 Sukatani untuk tahun ajaran 2009/2010 berusaha menyusun beberapa program kegiatan meliputi :
1. Menyusun buku program kurikulum yang merupakan landasan kerja kurikulm
2. membuat administrasi untuk guru dan wali kelas
3. Menyusun program untuk kegiatan setiap semester
4. Menyusun tugas guru dan jadwal pelajaran
5. Menyusun langkah-langkah yang bersifat umum, yaitu :
a. Bagi Guru dan Karyawan
1) Pembinaan terhadap guru dan karyawan secara kontinyu oleh Kepala Sekolah
2) Pendekatan secara kekeluargaan melalui silaturahmi, kunjungan rumah dan darma wanita
3) Peningkatan kesejahteraan bagi guru dan karyawan
4) Melibatkan guru/karyawan dalam setiap kegiatan yang ada di sekolah, misalnya :
o Panitia Penyelenggara Semester
o Panitia UAN / UAS
o Panitia Siswa baru
o Panitia MOS
5) Peningkatan Profesionalisme, dengan :
o Izin belajar
o Penataran / pelatihan
o Studi perbandingan ke sekolah lain
o MGMP
6) Memberikan penghargaan kepada guru berprestasi, sesuai dengan SK Menpen No. 26 Tahun 1986
7) Menempatkan guru dan karyawan sesuai dengan latar belakang pendidikan dan kemampuannya
8) Menekan absensi guru dan karyawan
b. Bagi Siswa
a. Meningkatkan Disiplin
o Waktu belajar
o Mematuhi tata tertib
o Cara berpakaian
o Cara belajar
o Melaksanakan 6 K

b. Menekan absensi siswa dengan cara diberikan pengarahan oleh guru BP/BK atau wali kelas
c. Memberikan motivasi belajar kepada seluruh siswa
d. Memberikan pemantapan belajar untuk beberapa mata pelajaran yang dianggap sulit oleh siswa
e. mengadakan kegiatan Ekstrakurikuler meliputi kegiatan :
o Pramuka
o Paskibra
o Palang Merah Remaja
o Seni Baca Al-Qur’an
o Olahraga Volly Ball dan Sepak Bola
o Seni Lukis
o Seni Vokal
o Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) IPA
o Seni Bela diri (Silat)
o Kesenian Tradisional (calung)
Dengan adanya langkah kerja tersebut, urusan kurikulum SMP Negeri 3 sukatani berusaha untuk mencapai target dan daya serap yang diharapkan oleh pemerintah melalui Departemen Pendidikan Nasional dengan melalui pengamatan hasil evaluasi dan analisa kegiatan tahun pelajaran 2008/2009 sebagai landasan untuk menyusun program kerja tahunan 2009/2010. Dalam hal ini urusan kurikulum mengadakan perbaikan-perbaikan program kerja kegiatan mengenai teknis administrasi maupun teknis edukatif serta mengadakan pendekatan kepada semua guru mata pelajaran, guru BK dan wali kelas agar tugas-tugas yang dibebankan kepadanya dilaksanakan sesuai tuntutan kurikulum sehingga diperoleh hasil yang lebih baik atau meningkat, bila dibandingkan dengan hasil pada tahun pelajaran 2008/2009, terutama peningkatan dalam hal :
1. Pencapaian target kurikulum setiap mata pelajaran
2. Daya serap kurikulum yang dapat dilihat dari nilai rata-rata setiap tes semester atau nilai rata-rata UN/US
3. Hasil tes semester tiap mata pelajaran setiap semester.
Untuk mencapai target tersebut perlu adanya koordinasi atau kerja sama seluruh personil sekolah mulai dari penjaga, Tata Usaha, Guru dan Kepala sekolah serta para pembantunya juga orang tua siswa dan masyarakat sekitarnya. Selain itu juga peningkatan disiplin dari semua pihak terutama disiplin Kepala Sekolah, Guru, TU dan siswa sehingga program kurikulum dapat dilaksanakan sesuai dengan rencana.





B. Program Kegiatan dan Matrik
Dalam menyusun program kegiatan dan matrik urusan kurikulum meliputi tiga tahap, yaitu :
1. Tahap Persiapan / perencanaan, meliputi :
a. Penyusunan buku program kurikulum
b. Inventarisasi tenaga guru
c. Inventarisasi sarana dan prasarana yang menunjang proses KBM
d. Membuat format-format untuk tahap pelaksanaan dan penyelesaian
e. Membuat administrasi guru dan wali kelas
f. Menyusun jadwal pelajaran, jadwal kegiatan Belajar Mengajar (KBM), jadwal guru piket, jadwal pembina upacara, daftar kelompok mata pelajaran, daftar pembagian tugas mengajar, daftar nama guru pembimbing / wali kelas dan matrik kegiatan kuriukulum tiap semester
2. Tahap Pelaksanaan, meliputi :
a. Pelaksanaan PBM pada semester ganjil / genap
b. Pelaksanaan Evaluasi (tes formatif, tes semester, UN/US)
c. Pelaksanaan remedial teaching, pengayaan, dan pemantapan belajar
d. Pelaksanaan kegiatan kokurikuler dan ekstrakurikuler
e. Pelaksanaan praktek kerja untuk mata pelajaran tertentu
3. Tahap Penyelesaian, meliputi :
a. Menghimpun nilai-nilai guru mata pelajaran pada setiap semester
b. Menghitung nilai rata-rata tiap mata pelajaran pada semua tingkat
c. Menghitung pencapain target dan daya serap kurikulum pada setiap semester
d. Grafik pencapaian target dan daya serap kurikulum
e. Membuat grafik jumlah pendaftar setiap tahun pelajaran
f. Membuat grafik absensi siswa, guru dan karyawan
g. menyusun laporan kegiatan untuk disampaikan kebidang dikmentum melalui Dinas pendidikan Nasional atau MKKS

C. Struktur dan Muatan Kurikulum
Struktur kurikulum merupakan pola dan susunan mata pelajaran yang harus ditempuh oleh peserta didik pada satuan pendidikan dalam kegiatan pembelajaran. Susunan mata pelajaran tersebut terbagi dalam lima kelompok yaiyu kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia; kewarganegaraan dan kepribadian; ilmu pengetahuan dan teknologi; estetika; jasmani, olahraga dan kesehatan.
Struktur kurikulum SMPN 3 Sukatani meliputi substansi pembelajaran yang ditempuh dalam satu jenjang pendidikan selam tiga tahun mulai kelas VII sampai dengan kelas IX.



Struktur dan muatan kurikulum SMPN 3 Sukatani memiliki ciri sebagai berikut :
1. Menitikberatkan pada pencapaian kompetensi secara utuh selain penguasaan materi.
2. Mengakomodasikan keagamaan kebutuhan dan sumber daya pendidikan yang tersedia.
3. Memberikan kebebasan yang lebih luas kepada pendidik di lapangan untuk mengembangkan strategi dan program pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan sumber daya pendidikan.
Struktur Kurikulum SMPN 3 Sukatani disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan dan standar kompetensi mata pelajaran dengan memuat ketentuan sebagai berikut:
 Kurikulum SMPN 3 Sukatani memuat :
a. Sepuluh mata pelajaran, yakni : (1) Pendidikan Agama, (2) Pendidikan kewarganegaraan, (3) Bahasa Indonesia, (4) Bahasa Inggris, (5) Matematika, (6) IPA, (7) IPS, (8) Seni Budaya, (9) Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, (10) Keterampilan/Teknologi Informasi dan Komunikasi.
b. Muatan lokal berupa mata pelajaran Bahasa Daerah/Bahasa Sunda dan Keterampilan Tata Busana, serta Pendidikan Lingkungan Hidup. Muatan lokal ini diadakan dan ditentukan jenisnya oleh sekolah sesuai dengan kebutuhan dan kesiapan sekolah. Muatan lokal merupakan kegiatan kurikuler untuk mengembangkan kompetensi yang disesuaikan dengan ciri khas dan potensi daerah, termasuk keunggulan daerah, yang materinya tidak dapat dikelompokkan ke dalam mata pelajaran yang ada.
c. Pengembangan diri bukan merupakan mata pelajaran yang harus diasuh oleh guru. Pengembangan diri bertujuan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mengembangkan dan mengekspresikan diri sesuai dengan kebutuhan, bakat, dan minat setiap peserta didik sesuai dengan kondisi sekolah. Kegiatan pengembangan diri difasilitasi dan atau dibimbing oleh konselor, guru, atau tenaga kependidikan yang dapat dilakukan dalam bentuk kegiatan ekstakuler. Ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMPN 3 Sukatani ditentukan jenisnya berdasarkan angket yang disebarkan kepada peserta didik. Ekstrakurikuler yang diminati oleh peserta didik adalah Pramuka, Paskibra, PMR, KIR, Seni Lukis, Bola Voli, Sepak Bola, dan bulu tangkis. Kegiatan Pengembangan diri dilaksanakan seminggu sekali dengan jadwal yang diatur oleh urusan kurikulum.
d. Substansi mata pelajaran IPA dan IPS merupakan mata pelajaran IPA terpadu dan IPS terpadu.
e. Alokasi waktu total yang disediakan adalah 38 jam perminggu.
f. Satu jam tatap muka dilaksanakan selam 40 menit.
g. Minggu jam efektif dalam satu tahun pelajaran (2 semester) adalah 52 minggu.




h. Struktur Kurikulum :

KOMPONEN Kelas / Alokasi Waktu
A. Mata Pelajaran VII VIII IX
1. Pendidikan Agama 2 2 2
2. Pendidikan Kewarganegaraan 2 2 2
3. Bahasa Indonesia 4 4 4
4. Bahasa Inggris 4 4 4
5. Matematika 4 4 4
6. Ilmu Pengetahuan Alam 4 4 4
7. Ilmu Pengetahuan Sosial 4 4 4
8. Seni Budaya 2 2 2
9. Pendidikan Jasmani, Olahraga,
dan Kesehatan 2 2 2
10. Keterampilan/Teknologi
Informasi dan Komunikasi 2 2 2
B. Muatan Lokal
C. Pengembangan Diri 6
2*) 6
2*) 6
2*)
Jumlah 38 38 38

2*) Ekuivalen dengan 2 jam pembelajaran

D. Mekanisme Kerja Kurikulum
Penyusunan kegiatan kurikulum tidak terlepas dari mekanisme kerja kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani. Mekanisme kerja sangat diperlukan oleh setiap organisasi agar jalinan kerja yang teratur dan terarh serta pengorganisasiannya rapih, sehingga prosedur kerja masing-masing aparat dapat terlihat dengan jelas dan tujuan pendidikan dapat dilaksanakan sesuai dengan pemerintah melalui Departemen pendidikan Nasional.
Oleh karena itu, Urusan kurikulum SMP Negeri 3 Sukatani menyusun mekanisme kerja seperti pada struktur organisasi di bawah ini :

2 komentar:

  1. terima kasih, insya allah jd bahan buat sy

    BalasHapus
  2. ass. saya sangat berterima kasih jika ibu berkenan mengirimkan materi program kerja sekolah, untuk referensi kami. abufina@yahoo.co.id. (agoeng siswantara, smp n 2 kawunganten cilacap)

    BalasHapus