Senin, 24 Februari 2014

Program Bimbingan Belajar Kls IX Tahun Ajaran 2013-2014

KATA PENGANTAR

 Kami panjatkan puji dan syukur ke Hadirat Allah SWT, yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal  Bimbingan Belajar di SMPN 3 Sukatani  Tahun Pelajaran 2013/2014.
Proposal ini memuat deskripsi kegiatan proposal  Bimbingan Belajar Tahun Pelajaran 2013/2014 di SMP Negeri 3 Sukatani Purwakarta, tujuannya antara lain sebagai acuan dan pedoman kami dalam melaksanakan kegiatan tersebut.
Tentu saja kami rasakan bahwa pembuatannya sangat jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik serta saran yang membangun dari para pemerhati pendidikan sangat kami harapkan untuk perbaikan maupun penambahan demi kemajuan kami dimasa yang akan datang.
Tidak lupa pula kami mengucapkan banyak terimakasih kepada bapak/ibu pengawas yang telah membimbing kami dalam penyusunan proposal  ini, dan berbagai pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. Semoga Allah SWT dapat membalas segala kebaikan yang telah diperbuat oleh kita semua. Amin.
  
 Purwakarta,    Januari 2014
       Penyusun

 

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sesuai dengan Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 3 Nomor 20 tahun 2003, pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta  bertanggung jawab.
 Pelaksanaan ujian nasional merupakan bagian dari keberhasilan  pencapaian target kurikulum serta merupakan komponen penting dalam sistem pendidikan, karena mencerminkan perkembangan atau kemajuan mutu pendidikan pada suatu sekolah dari waktu ke waktu.
Dikarenakan Ujian Nasional merupakan kegiatan penilaian hasil belajar peserta didik, mengukur mutu pendidikan ditingkat sekolah dan mempertanggung jawabkan penyelenggaraan pendidikan kepada masyarakat. Maka dengan hal itu, perlu adanya berbagai  persiapan-persiapan yang matang agar tujuan yang diharapkan dapat tercapai seoptimal mungkin terutama mempersiapkan siswa untuk menghadapi Ujian Nasional Tahun pelajaran 2013/2014.
Sebagai upaya mempersiapkan Ujian Nasional tersebut kami mengadakan kegiatan Bimbingan Belajar  sehingga siswa dalam menghadapi ujian tersebut mendapatkan bekal dan terbiasa dengan soal-soal Ujian Nasional, dan diharapkan semua siswa kelas IX siswa SMPN 3 Sukatani mendapatkan nilai yang maksimal sehingga ketidaklulusan dapat diminimalkan.

B.  Dasar Hukum

1.         Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2.         Peraturan Pemerintah nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
3.         Peraturan Mendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
4.         Peraturan Mendiknas nomor 23 tahun 2006 tentang standar Kompetensi Lulusan untuk satuan pendidikan Dasar dan Menengah
5.         Peraturan Mendiknas nomor 24 tahun 2006 tentang pelaksanaan Permendiknas nomor 22 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 23 tahun 2006
6.         Peraturan Mendiknas No. 6 tahun 2007 tentang perubahan tentang Standar Isi Standar    Kompetensi Lulusan.
7.         Hasil rapat Dewan Guru SMPN 3 Sukatani dalam mempersiapkan Ujian Nasional Tahun Pelajaran 2013/20142.
 

C. Tujuan
Tujuan dilaksanakannya  Bimbingan Belajar di SMPN 3 Sukatani ini adalah sebagai berikut.
1.      Pembekalan kepada peserta didik SMP Negeri 3 Sukatani sebagai peserta Ujian Nasional
2.      Agar semua peserta Ujian Nasional lulus dalam ujian.
3.      Meminimalisasi angka ketidaklulusan.
4.      Melatih dan mempersiapkan siswa dalam pengisian soal-soal Ujian Nasional
5.      Mendorong tercapainya kurikulum
6.      Merintis tercapainya standar nasional bagi mutu pendidikan Dasar dan menengah

D. Sasaran
Sasaran Peserta Bimbingan Belajar ini diperuntukkan bagi peserta didik Kelas IX tahun pelajaran 2013/2014 dengan jumlah sebagai berikut :
No
Kelas
Jumlah Siswa
Keterangan
L
P
Total
1.
IX A
12
27
39

2.
IX B
18
14
32

3.
IX C
20
13
33

4.
IX D
20
17
37

Jumlah

70

71

141

 


E. Waktu/Tempat
Bimbingan Belajar dilaksanakan pada  :
Hari                 : Senin – Kamis
Waktu             : Jam 13.30 – 15.00
Tempat            : SMPN 3 Sukatani
           
F. Pemateri
            1. Nunuy Nurhasanah, S.Pd.Ind
            2. Enjang Sarip Hidayat, S.Pd
            3. Yedi Alirahman, S.Pd
            4. Nana Rusyana, S.Pd
            5. Teni Maryani, S.Ag
            6. Ricka Dwi Fitria
                      

 BAB II
PENGORGANISASIAN

Untuk tercapainya Program Bimbingan Belajar, maka perlu adanya petugas pelaksana yang trampil dan terorganisir dalam kelompok kerja. Untuk itu perlu disusun kepanitiaan atau kelompok kerja beserta tugas-tugasnya, yaitu sebagai berikut.
A.    Kelompok Kerja (Panitia)
Penanggung Jawab          : Iwan Hidayat  Angga, M.M.Pd
Ketua Pelaksana               : Teni Maryani, S.Ag
Sekretaris                         : Rohendi, S.Pd
Bendahara                        : Uu Mahpudin

B. Kelompok Pengawas Latihan Ujian Nasional (Try Out)
            Kelompok Pengawas Latihan Ujian Nasional sebanyak 7 orang untuk 7  ruangan ujian. Para pengawas terdiri dari guru-guru SMPN 3 Sukatani.

C. Daftar Peserta Bimbingan Belajar (Bimbel)
            Terlampir

D. Jadwal  Bimbingan Belajar
           
JADWAL BIMBINGAN BELAJAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
SMPN 3 SUKATANI

No
HARI
WAKTU
KELAS DAN MATA PELAJARAN
9 A
9 B
9 C
9 D
1
SENIN
13.30 – 15.00
Matematika
IPA
B. Indonesia
B. Inggris
2
SELASA
13.30 – 15.00
IPA
Matematika
B.     Inggris
B.   Indonesia
3
RABU
13.30 – 15.00
B. Indonesia
B. Inggris
IPA
Matematika
4
KAMIS
13.30 – 15.00
B. Inggris
B.   Indonesia
Matematika
IPA

 BAB IV
PENUTUP

                Demikian proposal ini Kami susun, sebagai acuan dalam pelaksanaan Bimbingan Belajar. Hal-hal yang belum tercantum dalam proposal ini akan dimusyawarahkan melalui rapat panitia dan pemberi materi dengan berpedoman pada peraturan yang berlaku untuk kegiatan Ujian Nasional.
            Dalam pelaksanaan Bimbingan Belajar ini tidak terlepas dari kerangka acuan yang dikeluarkan oleh Keputusan Menteri Diknas, Surat Edaran dari Diknas Jawa Barat, hasil rapat dinas di tingkat rayon dan subrayon, masukan dari para pengawas, dan rapat dinas tingkat sekolah.
                Kami menyadari   bahwa  dalam  menyusun  proposal  Bimbingan Belajar ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, kami mohon kritik dan saran dari para pembaca/ pemerhati demi perbaikan di masa yang akan datang.
            Semoga pelaksanaan Bimbingan Belajar tahun pelajaran 2013/2014 mendapat ridha Allah SWT, sehingga para peserta dari SMP Negeri 3 Sukatani pada khususnya dapat melaksanakan kegiatan ini dengan baik dan berjalan  dengan lancar serta pada saat Ujian Nasional nanti mendapatkan hasil yang diharapkan. Amin



Sukatani,   Januari 2014                                                                                                                         Panitia











4 komentar:

  1. Terima kasih banyak atas contohnya

    BalasHapus
  2. Did you realize there's a 12 word phrase you can tell your partner... that will induce intense emotions of love and instinctual attractiveness to you deep inside his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's instinct to love, cherish and guard you with all his heart...

    12 Words Who Fuel A Man's Desire Instinct

    This instinct is so hardwired into a man's mind that it will make him try harder than before to love and admire you.

    As a matter of fact, fueling this all-powerful instinct is so binding to achieving the best possible relationship with your man that the second you send your man one of the "Secret Signals"...

    ...You'll immediately find him open his soul and heart for you in such a way he's never experienced before and he'll perceive you as the only woman in the world who has ever truly attracted him.

    BalasHapus